Entri Populer

Selasa, 14 Agustus 2012

Cara Membuat Onigiri Lucu Isi Abon

 

Membuat kyaraben atau charaben seperti terlihat susah dan rumit. Tapi kalau sudah ditekuni jadi mengasyikan juga, apalagi ketika lihat postingan teman-teman bentoist dengan idenya yang pada cemerlang.  Bentonya selalu lucu-lucu dan kawaii. Kali ini saya ingin berbagi cara membuat onigiri lucu untuk bahan membuat kyaraben sederhana.
Berhubung saya juga baru belajar, jadi yang sederhana saja dulu yang ditampilkan. Dipostingan bekal piknik yang lalu saya pernah membuat onigiri lucu seperti gambar di atas. Cara membuatnya sangat gampang. Bahan yang diperlukan adalah nasi, abon dan nori, sedangkan peralatannya berupa face puncher dan bungkus plastik (cling wrap/plastic wrap).

Supaya nasinya lebih enak, saya tambahkan sedikit garam, setelah itu aduk nasi secara merata, kemudian letakan nasi di atas plastik, yakni sekitar 1-2 sendok, ratakan. Banyaknya nasi bergantung pada ukuran onigiri yang diinginkan.

 taruh sekitar 1 sdt-1sdm abon ke atas nasi. Abon bisa diganti dengan yang lainnya tergantung selera, misalnya telur orak arik, mayonaise, dll.

Bulatkan nasi dengan bantuan plastik, sehingga abon ada dibagian dalam bulatan. Pelintir bagian bawah plastik supaya nasinya tercetak padat. Onigiri bisa gampang buyar jika tidak padat.

 Buat hiasan mata dan mulut dengan menggunakan nori puncher

 Hasilnya akan terlihat seperti ini

 Gulirkan nasi yang sudah bulat tadi di atas nori dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Onigiri lucu pun sudah jadi dan siap dikemas dalam kotak bento.

Tidak ada komentar: