Entri Populer

Kamis, 16 Agustus 2012

Legenda Kapal Hantu:The Flying Dutchman

12987315981570556762
THE FLYING DUTCHMAN
Sekedar untuk share tentang banyak legenda para pelaut. Salah satu yang terkenal adalah Flying Dutchman, kapal hantu yang kerap kita liat di film Pirates Of karibian, atau sosok hantu bajak laut yang pada beberapa episode muncul di tayangan kartun Spongebob. Benar sekali, itulah The Flying Dutchman .
Menurut cerita rakyat , The Flying Dutchman adalah kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh, tetapi harus mengarungi “tujuh lautan” selamanya. Flying Dutchman selalu terlihat dari kejauhan , kadang-kadang disinari dengan sorot cahaya redup.
Legenda itu bermula atas sebuah kapal yang dinahkodai seorang pelaut handal dan tangguh bernama Hendrik Vanderdecken.Beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa pada abad 17 seorang kapten Belanda bernama Bernard Fokke (versi lain menyebut kapten “Ramhout Van Dam” atau “Van der Decken”) . Pelaut asal belanda yang telah berlayar mengarungi lautan ganas dari Amsterdam ke Batavia, kemudian merapat di Timur Belanda pada 1680. Meski diperintahkan oleh perusahaan perdagangan untuk berlayar dengan kapal perusahaan dan membawa pulang muatan penuh. Hendrik yang tamak merasa yakin bisa memuat cukup banyak barang curian untuk memperkaya dirinya sendiri, sehingga kapal berlayar dengan memuat beban lebih banyak dari kemampuannya.
Ketika itu dalam pelayaran ditengah laut. Badai tropis menerpa kapal Hendrik Vandedecken, dan legenda mengisahkan bahwa ia tetap memaksakan kapalnya untuk berlayar. Padahal jalan teraman dalam kondisi seperti itu tentunya menunggu badai reda. Tetapi dorongan iblis pada mimpinya dimalam hari membuatnya memutuskan untuk tetap menerobos badai dan berputar diseputar Cape Ia dicurigai meminta bantuan iblis untuk mencapai kecepatan tadi,serta mengabaikan peringatan Tuhan tersebut.Namun ditengah pelayarannya menuju Cape of God Hope tiba-tiba cuaca buruk,sehingga kapal oleng. Lalu seorang awak kapal meminta supaya pelayaran dihentikan .

Tetapi sang kapten tidak mau ,lalu dia berkata “aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuanku , atau aku beserta semua awak kapalku akan terkutuk selamanya” Tiba -tiba badai menghantam kapal itu sehingga mereka kalah melawan alam.Kapalnyapun karam dengan turut serta menengelamkan harta-harta tersebut.
Dan terkutuklah selama-lamanya Sang Kapten bersama para anak kapalnya itu menjadi jasad hidup dan berlayar di tujuh lautan untuk selama-lamanya.
Konon , Kapal tersebut dikutuk untuk melayari 7 samudera sampai akhir zaman. lalu cerita itu menyebar sangat cepat ke seluruh dunia.Sumber lain juga menyebutkan munculnya penyakit berbahaya di kalangan awak kapal sehingga mereka tidak diijinkan untuk berlabuh dipelabuhan manapun .
Sejak itu, kapal dan awaknya dihukum untuk selalu berlayar, tidak pernah berlabuh/menepi. Menurut beberapa versi, ini terjadi pada tahun 1641, yang lain menebak tahun 1680 atau 1729. Lebih menarik ketika puluhan tahun kemudian, tepatnya 1835, kapten dan awak kapal inggris melihat kapal hantu itu mendekati mereka ditengah badai topan. Namun kapal itu menghilang setelah kemunculannya yang sesaat tersebut.
1881, pelaut dikapal perang Inggris H.M.S. Bacchante terjatuh dari sisi kapal dihari setelah awak kapal lainnya melihat kapal hantu tersebut.
Terneuzen (Belanda) disebut sebagai rumah sang legenda Flying Dutchman, Van der Decken, seorang kapten yang mengutuk Tuhan dan telah dihukum untuk mengarungi lautan selamanya, telah diceritakan dalam novel karya Frederick Marryat - The Phantom Ship dan Richard Wagner opera.
Pemunculan yang terkini dan disaksikan oleh banyak orang terjadi pada maret 1939, di Glencairn Beach, Mulkzenberg Afrika Selatan. Pada tahun 1941 seklompok orang di pantai Glencairn menyaksikan kapal berlayar yang tiba - tiba lenyap ketika akan menubruk batu karang.
Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942.Setelah sehari kemunculan kapal hantu ditempat itu, surat kabar memberitakan para perenang yang ada ditempat kejadian mencermati kapal megah tersebut, dan membahasnya secara rinci serta memperhatikan bahwa kapal itu berjalan sepenuh tenaga dengan kecepatan mantap, meski tak ada angin bertiup saat itu.
Bahkan ada suatu catatan kisah tentang pelayaran Christoper Columbus,waktu itu awak kapal Columbus melihat kapal terkatung katung dengan layar mengembang.setelah itu awak yang pertama melihat langsung tewas seketika.Mitos akhir-akhir ini juga mengisahkan apabila suatu kapal modern melihat kapal hantu ini dan awak kapal modern memberi signal, maka kapal modern itu akan tenggelam / celaka.Bagi seorang pelaut , pertemuan yang tak diduga dengan kapal hantu The Flying Dutchman akan mendatangkan bahaya bagi mereka dan konon , ada suatu cara untuk mengelak dari kemungkinan berpapasan dengan kapal hantu tersebut , yakni dengan memasangkan tapal kuda di tiang layar kapal mereka sebagai perlindungan.Selama berabad - abad, legenda The Flying Dutchman menjadi sumber inspirasi para sastrawan dan novelis. Sejak tahun 1826 Edward Fitzball telah menulis novel The Pantom Ship (1837) yang diangkat dari pengalaman bertemu dengan kapal seram ini.
Banyak pujangga terkenal seperti Washington Irving dan Sir Walter Scott juga tertarik mengangkat legenda ini.
Beberpa ilmuan menerangkan bahwa itu hanya fatamorgana. Namun para saksi itu protes karena bagi mereka sulit membayangkan sebuah kapal laut abad ke-17 secara begitu terperinci dengan tepat, karena tidak seorangpun dari mereka pernah melihat kapal abad ke-17 sebelumnya.
Namun satu hal yang lebih membuat saya tertarik dari legenda ini adalah harta yang turut dibawa serta Hendrik Vandedecken. Bisa dibayangkan jika kita melakukan ekpedisi besar, ya, tarohlah ada dua pilihan, kita menyelam mencari kapalnya yang tenggelam didasar laut atau mencari kapal hantu tersebut yang tengah muncul ditengah badai dan masuk kedalam kapal abad ke-17 tersebut. Saat keluar kita akan membawa tumpukan harta yang ada didalam lambung kapal megah abad ke 17 itu. ha-ha-ha Tentunya posisi Abu Rizal Bakrie sebagai orang terkaya itu akan tergeser oleh saya hahahahah

Tidak ada komentar: