Entri Populer

Rabu, 15 Agustus 2012

Toko Bento Indonesia

Hasil berburu pernak pernik bento di Daiso Jakarta
Sudah sering sekali sahabat-sahabat bertanya pada bento mania: 'Beli peralatan bento dimana yah? atau 'toko peralatan bento di Indonesia dimana yah?' Kali ini saya ingin mencoba menjawabnya.
Liburan kami ke Indonesia kemarin salah satunya saya tujukan khusus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sahabat bento mania tersebut. Beberapa alamat toko-toko bento tersebut bisa di lihat di postingan ini, yang sayangnya masih terpusat di kota-kota besar di pulau Jawa.


Berdasarkan pengalaman kami, peralatan bento di Jakarta bisa diperoleh di beberapa supermarket-supermarket besar misalnya Carrefour dan Lottemart. Di salah satu sudut supermarket tersebut terdapat sebuah keranjang display yang isinya berupa peralatan rumah tangga yang berasal dari Jepang. Meskipun tak begitu lengkap, diantaranya merupakan pernak pernik bento. Kalau dibandingkan isinya antara yang di carrefour dengan lottemart, kurang lebih sama. Beberapa barang yang masih selamat dari pemburu bento tools antara lain seperti yang terlihat di foto di bawah ini (di carrefour).
Pembatas makanan (baran), food picks yang lucu-lucu dan cukup beragam, wadah makanan (food container), wadah bekal (bento box), tempat minum, cetakan sandwich, bisa ditemukan di carrefour atau lottemart. Harganya berkisar antara 20 ribu hingga 60 ribu rupiah. Yang lucu-lucu biasanya harganya di atas 40 ribuan, relatif lebih mahal karena rata-rata merupakan hasil produksi Jepang dengan kualitas dan standard sana.
Selain itu kami juga mengunjungi toko yang bernama daiso, toko ini terkenal di Jepang sebagai salah satu toko hyakuen (toko seratus yen). Akan tetapi di Indonesia, semua barang yang di jual seharga 22 ribu rupiah (2012), mudah-mudahan kalau nanti  Indonesia tambah maju, kursnya berkurang jadi harganya terlihat lebih murah lagi... amiiin. 
Daiso di Indonesia ada 5 toko, tersebar di Jakarta (2), Bandung (1), dan Surabaya (2). Alamat-alamatnya bisa di lihat di bagian bawah postingan ini. 
Ketika kami mengunjungi daiso di artha gading mall, toko ini layaknya taman bermain para pencinta bento, bikin betah dan asyik. Buanyaak sekali pernak pernik bento yang bisa kita peroleh disana. Beberapa hasil  buruan kami, sudah juga disinggung di postingan sebelumnya oleh ima. Selain itu diantaranya:
berbagai macam cetakan roti
berbagai macam wadah makanan yang bentuknya lucu-lucu terbuat dari silikon
Botol saus lucu, wadah silikon, pisau untuk mengukir
Face nori puncher

Semua peralatan untuk bento sepertinya sudah lengkap dan bisa diperoleh disana. Harganya pun cukup rasional, 22 ribu rupiah untuk semua barang. Selain peralatan bento, mereka juga menjual produk lainnya seperti peralatan rumah tangga, peralatan dapur, stationary, kecantikan, dekorasi, perkakas, pernak pernik Jepang, dll. Banyak yang unik dan lucu-lucu. Hampir semua produk yang di jual dibuat di Cina dan hanya beberapa yang dibuat di Jepang.
Okay, sampai sini dulu hasil reportase 'sementara' kami. Jika nanti ada tambahan informasi, akan kami postingkan lagi yah. Atau kalau ada sahabat2 yang tahu tentang toko-toko peralatan bento lainnya, jangan lupa diinformasikan disini.
Beberapa alamat yang mungkin berguna:
Lotte mart kelapa gading
Jl boulevard barat raya 
Jakarta utara 
telp. (021) 45855111

Daiso Artha Gading
Artha Gading Mall 
Jl. Boulevard Artha Gading Selatan No. 1, LT.1 BLOK B7 NO.1
Jakarta 
telp. (021) 4586-4001
buka: 10.00-22.00 

Daiso Blok M
Jl. Melawai Raya no.28
Kebayaron Baru Jakarta 12160
buka: 09.00-21.00
Daiso Bandung, Paris van Java
JL. Sukajadi No. 137-139 Blok 6C 08 
Bandung

Daiso Surabaya
JL.Raya Darmo Permai Selatan No.3 
Surabaya 60226
Buka: 08.00-21.30
 
Daiso Tunjungan Plaza
Tunjungan plaza 
JL Basuki Rahmat No. 8 - 12 Tunjungan Plaza Ⅰ Lt.LG No.11 
Surabaya Jawa Timur
buka: 10.00-22.00 




Tidak ada komentar: